Pages

Oct 10, 2012

Saya dan Kain Flanel

Posted by Rahmi Fitri pada 10:15 AM

Banyak yang bertanya, gimana akhirnya saya bisa terjun ke usaha perflanelan (yang skarang blum seberapa.. hehehe). Maka beginilah cerita selengkapnya.. :D

Tau Flanel? Flanel adalah kain wol yang ditenun halus dan mudah lepas meskipun mudah melekat. Dalam bahasa Inggris, flanel disebut dengan Felt. Saat ini flanel sudah tak asing lagi, apalagi bagi para crafter.  Flanel bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan atau handicraft. Banyak yang bisa dibuat dari flanel, antara lain gantungan kunci, gantungan hp, pigura, tempelan kulkas, broos,jepitan rambut, kalung, dsb. Untuk daerah Bukittinggi, kain flanel dapat ditemukan di toko-toko perlengkapan menjahit. Yang menarik dari kain flanel adalah warnanya yang bermacam-macam dan lembut. Karena itulah kain flanel aman bagi anak-anak apabila dibuat menjadi mainan.

Saya sendiri baru tau flanel sekitar kurang lebih 4 tahun yang lalu. Waktu itu tidak sengaja ketemu buku kreasi flanel di salah satu toko buku di Bukittinggi. Saya cukup gemar dengan kerajinan tangan. Dan langsung tergelitik ketika membaca lembaran-lembaran buku ini. 

Awalnya saya malah nggak tau flanel itu jenis kain apa. Tanya-tanya kesana kemari. Walaupun begitu, saya nekat (dengan ibu) ke pasar grosiran. Langsung ke toko yang biasa menjual peralatan jahit menjahit. Begitu ketemu kain flanel, wow, keren! Berhubung saat itu flanel belum begitu digemari, jadi warna yang saya temukan masih terbatas. 



Walau buku dan kain flanel sudah saya miliki, saya masih belum bisa memulai karena belum punya banyak referensi. Akhirnya pada saat saya merasa bosan, saya coba beberapa pola dari buku. Beginilah hasilnya.


Awalnya saya menggunakan benang wol untuk menjahit pinggiran (feston), karena saya pikir akan lebih menarik. Ternyata tidak sama sekali. Selain benang wol lebih tebal, serat dari flanel juga akan terbawa saat menarik benang. 

Setelah buatan  pertama itu, selama 1 tahun saya sama sekali tidak menyentuh flanel. Bukan berarti saya benar-benar tidak menyentuh. Saya cuma mencari referensi tambahan tentang dunia per-flanelan di dunia maya. Ternyata di beberapa kota di Indonesia, banyak yang sudah menyelami dunia flanel selama beberapa tahun. Saya merasa agak ketinggalan, tapi tidak begitu, karena saat itu kreasi dari flanel disini masih belum ada. 

Begitu hunting apa yang dibuat oleh para pendahulu flanel crafter, saya agak kaget. Ternyata banyak yang bisa dibuat dari selembar kali flanel. Mulai dari boneka hewan, tumbuhan, kue, dan lain-lain. Selain itu bisa dibuat menjadi sepatu bayi, tas, tempat pensil, banyak! Mulai dari situ, semangat saya mulai meningkat. Saya mengoleksi beberapa e-book yang disediakan teman-teman di facebook. Dan mulai menambah-nambah bahan yang diperlukan untuk kerajinan flanel.

Akhirnya sekitar bulan Januari 2010, saya memutuskan untuk benar-benar mendalami dunia flanel craft. Saya mulai membuat beberapa kreasi dari e-book yang saya dapat. Saya merasa worst di awal, karena tidak percaya diri dengan hasil kerajinan saya. Tapi kemudian saya beranikan diri melemparkan ke pasar. Walaupun reaksi dari pembeli tidak begitu tinggi, tapi saya tetap bertekat untuk terus ada di dunia flanel craft, karena flanel sangat menarik! Dari selembar kain flanel, bisa dibuat apa saja. Bisa berkreasi sebanyak yang kita mau. Tapi memang, kreatifitas sangat dituntut untuk tetap eksis didunia flanel. Karena sudah sifat konsumen merasa bosan. Bahkan produsen pun seperti itu. 

Dan dari browsing-an saya di google, secara tidak sengaja saya menemukan beberapa blog mbak-mbak yang sudah lama berkecimpung di dunia flanel. Salah satunya mbak Prapti. Dari mbak Prapti saya banyak belajar. Bagaimana seluk beluk saat mulai berkecimpung dengan flanel. Mulai dari bahan dasar, penghitungan sampai penjualan. Mbak Prapti sangat membantu saya yang masih bayi. Selain itu saya juga menemukan mbak Nouf yang sering posting tutorial bikin ini itu serta memberikan banyak pelajaran di blog-nya. Bahkan dia memyumbangkan ilmunya pada pembaca blognya. Ada juga mbak Linda , mbak Tiwi , mbak Ipit , dan masih banyak blog-blog lain yang sangat membantu saya untuk tetap berkreasi di dunia flanel.

Walaupun (kurang lebih) dua tahun yang lalu saya mendapat pelajaran yang sangat berharga saat memulai bisnis di dunia flanel, dan sempat merasa terpuruk, tapi tetap semangat! Dari mbak-mbak yang menjadi guru saya, saya tau, kita bisa berkreasi tanpa batas dengan flanel! 

-Salam Crafter, Salam Kreatif-
^_^

5 comments:

feltro funtastic said...

Salam kenal jeng vitri :-)
Aq iin.penggemar flanel jg n skrg baru mau rintis usaha flanel jg.share ilmu n pngalamannya ya...

Rahmi Fitri said...

salam kenal lagi mba iin.. insyaALLAH ya.. semoga blog saya bermanfaat buat mba.. :)

puji azzahra said...

Like mbk dengan hasil karyanya...salam kenal ya mbk...pengen belajar buat mainan anak dari bahan flanel mbk..terutama boneka tanggannya...gmn ya mbkk cara buatnya? saya puji dari rembang

Rin said...

salam kenal mba fitri ^^
saya Rin, saya lumayan baru di bidang perflanelan, masih lebih besar karena alasan hobby ketimbang alasan usahanya dan masih banyak belajar salah satunya dari mba hehe...

bayu bachsin said...

nice share min bagi teman-teman pecinta flannel bisa kunjungi blog kita juga ya

http://grosirkemejapria.com/blog/

Post a Comment

 

I, My, Me, Mine, Kuchiki Nge-Craft! Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea